20+ Peluang Usaha Kuliner yang Prospek di Sekitar Kita

  • Whatsapp
20 Peluang Usaha Kuliner

Peluang usaha kuliner yang cerah ada banyak yang bisa kita jumpai. Kuliner merupakan kebutuhan primer manusia yang paling utama karena semua orang pasti membutuh kan makan untuk mencukupi nutrisi dan energi pada tubuhnya. Sedangkan peluang usaha kuliner atau usaha makanan boleh dibilang merupakan jenis usaha yang tidak akan pernah sepi karena banyak dicari oleh orang banyak untuk memenuhi mencukupi nutrisi tubuh mereka.

Apabila kita mengamati market Indonesia, tentu saja ada bermacam macam peluang usaha kuliner yang dapat dijalankan oleh calon pebisnis yang hobi usaha kuliner. Warga Indonesia dikenal konsumtif dibanding kan negara-negara lain nya, termasuk dalam hal kuliner. Indonesia memiliki banyak macam kulinernya yang beragam dari berbagai suku dan daerah, mulai dari kuliner utama hingga kuliner ringan. Harganya pun bermacam – macam mulai dari yang terjangkau, sampai yang mahal.

20+ Peluang Usaha Kuliner yang Prospek di Sekitar Kita

20 Peluang Usaha Kuliner

Untuk melakukan usaha kuliner ini tentu saja bukan hal yang gampang. Tapi, kamu bisa memanfaatkan beberapa usaha usaha kuliner yang prospek dengan modal yang cukup minim. Nah, jika kamu ingin berusaha mencoba peluang usaha kuliner yang profit di sekitar kamu, maka kamu harus menjalankan persiapannya.

Di bawah ini merupakan beberapa macam usaha kuliner yang prospek, kondisikan dengan minat dan kemampuan kamu :

Ide usaha Kuliner Ringan / Snack

Nyaris seluruh lapisan masyarakat di Indonesia menyukai kuliner ringan / snack. Cobalah amati jenis usaha kuliner ringan di sekitar kamu, pasti ada banyak sekali jenisnya. Beberapa jenis kuliner ringan yang sangat populer di Indonesia kita adalah macam – macam gorengan, keripik, kue – kue, dan banyak lainnya.

1. Peluang Usaha Kuliner Gorengan

Biasanya untuk mengerjakan usaha gorengan ini memerlukan modal yang minim, modal di awal memang cukup menguras kantong karena harus membeli berbagai macam peralatan dan bahan baku untuk memulai usaha gorengan ini. Berbagai macam usaha gorengan yang sangat laris di pasaran adalah;

  • Berbisnis kuliner tahu isi goreng (contohnya Tahu Jeletot Taisi)
  • Bisnis kuliner jualan goreng pisang
  • Bisnis kuliner jualan ubi dan singkong goreng
  • Bisnis kuliner jualan risoles
  • Bisnis kuliner tempe goreng
  • Buka usaha jualan bakwan udang

Seandainya pembaca berencana menjalankan usaha gorengan, pastikan kamu selalu tersedia jenis- jenis gorengan di atas tadi karena penyukanya banyak.

Bisa jadi membuka usaha kuliner gorengan kelihatannya kurang bergengsi bagi kamu, bahkan beberapa diantara calon pebisnis enggan melakukannya karena gengsi atau pun malu. Akan tetapi, bagi orang yang mempunyai jiwa pebisnis, usaha gorengan ini merupakan sebuah kesempatan usaha kuliner ringan yang sangat potensial memberikan profit.

2. Peluang Usaha Kuliner Keripik – keripikan

Aneka keripik merupakan kuliner ringan yang banyak di gemari oleh banyak orang. Ada berbagai macam keripik yang sering laris di pasaran, di antaranya;

  • Bisnis kuliner keripik rebung
  • Bisnis kuliner keripik kentang
  • Bisnis kuliner keripik singkong
  • dan lain-lain.

Bisnis bermacam – macam keripik ini juga dapat di jalan kan melalui online lho (baca juga : peluang bisnis online). Ada lumayan banyak pebisnis aneka keripik yang menjual barang mereka melalui online, tentu saja pangsa pasarnya menjadi lebih luas serta dapat memberikan profit yang lebih besar.

3. Peluang Usaha Kuliner berbagai macam Kue

Saat ini terdapat banyak sekali bermacam kue yang dijual di pasaran, baik melalui online ataupun offline. Opini saya, tipe kue pada umum nya ada dua, yaitu kue kering dan kue basah. Kue kering ini bisa bertahan lebih lama setelah di bikin dan di simpan secara baik.

Berlawanan dengan kue basah, tipe kue ini tidak awet dan harus cepat di konsumsi jika tidak maka akan basi serta tidak enak. Amatilah jenis kue seperti apa yang ingin pembaca jual, apakah cocok dengan target pasar kamu?

Berdasarkan pengamatan saya, kue-kue kering bisa di pasar kan melalui online ataupun offline karena lebih tahan lama. Umum nya tipe kue-kue ini banyak di cari pada acara-acara tertentu, contohnya saat akan idul fitri, natal, serta tahun baru.

Bebagai macam usaha kuliner kue kering ini diantaranya :

  • Kue sagu keju
  • Kue Nastar
  • Putri salju
  • dan yang lainnya

Adapun kue-kue basah biasanya dijual melalui offline di pasar-pasar tradisional atau di pusat-pusat perbelanjaan umum. Jenis kue-kue basah ini lebih sering di konsumsi dibandingkan dengan jenis kue kering dan penyuka nya sangat banyak. Beberapa contoh kue basah yang sangat laris di pasaran antar lain; kue lemper, kue kukus, kue lapis, , kue bolu, kue apem, dan lain sebagainya.

Ide usaha Kuliner Utama (Membuka Warung Makan)

Seperti yang telah di tulis kan di atas, kuliner adalah kebutuhan primer manusia yang tidak bisa di tinggalkan. Maksud nya dengan usaha warung makan/restaurant ini adalah usaha yang menjual kuliner utama bukan kuliner kecil atau camilan.

Masyarakat Indonesia kuliner utamanya pada umumnya terdiri atas nasi, lauk, dan sayuran. Kuliner jenis inilah yang dijual di warung makan/restoran, walaupun ada kemungkinan juga mereka menjual kuliner dan minuman ringan.

1. Peluang Usaha Kuliner Buka Warung Makan Sederhana

Pada umum nya usaha warung makan ini cukup laris apabila lokasi nya berada di sekitar daerah perkantoran, kampus, dan sekolah, dikarena kan sudah pasti orang-orang di sekitar wilayah tersebut mencari makan ketika jam makan siang. Tipe kuliner yang ditawarkan pada warung makan ini biasanya adalah kuliner rumahan dengan harga yang terjangkau.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah warung makan relatif lebih kecil apabila dibandingkan dengan menjalankan usaha restoran. Tetapi, perlu kita menyadari bahwa niat serta ketekunan sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha warung makan tersebut.

Beberapa contohnya adalah :

  • Bisnis kuliner warung bubur kacang hijau, roti bakar, dan kopi
  • Warung tegal (warteg)
  • Menjalankan usaha warung makan tenda
  • dan lain sebagainya

2. Peluang Usaha Kuliner Restoran

Untuk memulai peluang usaha kuliner dalam membentuk sebuah usaha restoran, sudah pasti di perlukan modal yang besar, terlebih lagi apabila restoran itu adalah sebuah merk baru. Pada umum nya usaha restaurant banyak di dirikan di pusat-pusat perbelanjaan, tengah keramaian kota, dan tempat lain yang ramai. Tipe kuliner yang dijual di restaurant tentu saja agak berbeda dengan yang dijual di warung makan biasa, dan sudah pasti harganya juga cenderung lebih mahal.

Restoran yang sudah ngetop pada umum nya sudah mempunyai pelanggan sendiri yang selalu setia kembali membeli ke tempat mereka. Akan tetapi, apabila restoran tersebut adalah merk baru tentu saja diperlukan usaha dan modal yang lebih besar agar lebih terkenal. Ini merupakan tantangan tersendiri untuk seorang pebisnis yang ingin melakukan usaha restoran.

Beberapa contohnya adalah :

  • Restoran khas Jepang
  • Restoran khusus Seafood
  • Tempat makan restoran Padang
  • dan lain sebagai nya

4 Kunci keberhasilan dalam Menjalankan usaha Kuliner

Terakhir, untuk mendapatkan sebuah keberhasilan dalam menjalankan sebuah usaha kuliner maka kita wajib melaksanakannya dengan tekun ditambah dengan manajemen yang cakap. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam sebuah usaha kuliner, antara lain :

1. Kualitas Kuliner yang Dijual

Pastikan bahwa kuliner yang kamu jual terjamin kualitasnya, baik dalam segi rasa, kebersihan, bahan baku. Selalu pakai bahan baku kuliner yang layak dan bersih, juga diolah dengan cara yang sesuai dengan standar pengolahan bahan kuliner. Jika akan memakai kemasan, maka pastikan kemasan tersebut dalam kondisi baik dan juga enak di lihat.

2. Inovasi dalam Menjalankan usaha Kuliner

Hanya mereka sajalah yang mau berinovasi dalam berbisnis kuliner yang dapat meraih kesuksesan. Melalui inovasi, dapat di pasti kan akan muncul jenis baru dari model kuliner yang pernah dibuat sebelumnya sehingga dapat membuat konsumen tetap tertarik.

Bukan suatu masalah apabila makanan tersebut sudah dijual oleh pebisnis kuliner lainnya, apabila kamu memberi sentuhan baru pada produk tersebut sehingga menjadi sebuah pembeda, maka hal ini dapat menjadi hal menarik bagi sebuah usaha kuliner.

3. Menjaga Hubungan Baik dengan Pembeli

Memberikan sebuah servis terbaik kepada pelanggan adalah sebuah hal yang harus di lakukan, walaupun kamu tidak mengenalnya. Dengan memberikan pelayanan yang baik, maka pelanggan tersebut akan memiliki kesan bahwa usaha kuliner kamu melakukan usaha dengan profesional. Sudah di pasti kan hal ini dapat membuat pelanggan kembali lagi.

4. Membidik Target Pasar yang Tepat

Sejak awal membangun usaha kuliner, kita harus mengerti siapa target market yang paling sesuai. Misalnya kita ingin menjual produk kuliner gorengan dengan harga murah meriah, maka target market yang paling cocok adalah dari kalangan menengah ke bawah atau bahkan semua kalangan.

Dalam menjalankan peluang usaha kuliner ini, ada baiknya kita juga memberikan promosi. Misalnya memberi diskon untuk pembelian jumlah tertentu, memberikan sampel kuliner secara gratis di area yang ramai, dan cara lainnya.

Pada akhirnya, ada begitu banyak peluang usaha kuliner yang dapat kita jumpai di sekitar kita, akan tetapi tidak semuanya cocok dengan kita. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memperhatikan usaha kuliner seperti apa yang paling cocok untuk kamu jalankan.

Modal finansial bukan merupakan faktor utama dalam menjalankan sebuah usaha kuliner yang menguntungkan karena faktanya kita bisa mendapatkannya melalui berbagai cara, di antaranya : pinjaman Bank atau pinjaman dari tempat lain, sebagai contoh dari keluarga, kerabat dan sahabat. Modal yang terpenting dalam menjalankan sebuah peluang usaha kuliner adalah keinginan, pelaksanaan, konsistensi, inovasi dalam berbisnis, perencanaan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 234

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts